Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian III-Habis)
Sumber: https://ejournal.gunadarma.ac.id

By Revolusioner 24 Sep 2025, 15:01:02 WIB Z-Jurnal
Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian III-Habis)

Keterangan Gambar : Foto: Dok. Olivia Fitrianih


Penulis: 1) Olivia Fitrianih (Universitas Gunadarma), 2) Maulana Syarif Hidayatullah (Universitas Gunadarma)

Baca Lainnya :

B. Uji F (Uji Simultan)


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenyamanan dan Kemudahan penggunaan BSI 
Mobile meningkatkan Kepuasan Nasabah, sementara faktor keamanan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun, ketiga faktor tersebut secara keseluruhan berdampak besar pada kepuasan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pengguna BSI Mobile, perbaikan pada aspek kemudahan dan kenyamanan serta keamanan harus terus dilakukan.

Tabel Hasil Uji F (Uji Simultan)

ANOVAa

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

400.912

3

133.637

89.595

.000b

Residual

180.480

121

1.492

 

 

Total

581.392

124

 

 

 

a. Dependent Variabel: Kepuasan Nasabah

b. Predictors: (Constant), Kemudahan, Keamanan, Kenyamanan

Sumber: Hasil output SPSS 25


Berdasarkan hasil uji F yang tercantum dalam Tabel diatas , diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 berada jauh di bawah ambang batas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang melibatkan variabel Kemudahan (X1), Keamanan (X2), dan Kenyamanan (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Nilai F hitung sebesar 89,595 memperkuat bukti bahwa model regresi tersebut secara keseluruhan layak digunakan untuk memprediksi kepuasan nasabah.

5. Uji Koefisien Determinasi 
(R2)

Rincian hasil uji koefisien determinasi disajikan pada Tabel di bawah ini.

Tabel Hasil Uji Koefisien Determinasi (R2)

Model Summaryb

Model

  R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the

Estimate

1

.830a

.690

.682

1.221

a. Predictors: (Constant), Kemudahan, Keamanan, Kenyamanan

b. Dependent Variabel: Kepuasan Nasabah

Sumber: Hasil output SPSS 25

Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang tercantum dalam Tabel diatas, nilai R sebesar 0,830 menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara ketiga variabel independen (Kemudahan, Keamanan, dan Kenyamanan) terhadap variabel dependen (Kepuasan Nasabah). Nilai R Square sebesar 0,690 mengindikasikan bahwa sebesar 69% variasi dalam Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh variabel Kemudahan (X1), Keamanan (X2), dan Kenyamanan (X3). Sementara itu, sisanya sebesar 31% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,682 menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan cukup stabil dan dapat diandalkan. Selain itu, nilai standard error of estimate sebesar 1,221 menunjukkan tingkat kesalahan prediksi yang masih berada dalam batas yang dapat diterima.

6. Uji Regresi Linier Berganda

Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, maka dapat dirumuskan dalam model persamaan regresi linear berganda sebagai berikut:

Y = 0,103+0,328X1-0,49X2+0,332X3+e

Interpretasi dari model regresi linier berganda ini adalah sebagai berikut:

a.   Nilai konstanta (α) sebesar 0,103 dengan tanda positif menunjukkan adanya hubungan searah antara variabel independen dan variabel dependen. Artinya, apabila variabel independen, yaitu Kemudahan (X1), Keamanan (X2), dan Kenyamanan (X3), tidak mengalami perubahan atau bernilai nol, maka rata-rata nilai Kepuasan Nasabah (Y) adalah sebesar 0,103.

b.   Koefisien regresi variabel Kemudahan (X1) sebesar 0,328, berarti bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam variabel Kemudahan akan meningkatkan Kepuasan Nasabah sebesar 0,328, dengan asumsi variabel independen lainnya tetap.

c.   Koefisien regresi variabel Keamanan (X2) sebesar -0,049, menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dalam variabel Keamanan akan menyebabkan penurunan Kepuasan Nasabah sebesar -0,049, dengan asumsi variabel independen lainnya tetap.

d.   Koefisien regresi variabel Kenyamanan (X3) sebesar 0,332, berarti bahwa jika variabel Kenyamanan meningkat satu satuan, maka Kepuasan Nasabah akan meningkat sebesar 0,332, dengan asumsi variabel independen lainnya tetap.



Pembahasan

a.   Hasil uji menunjukkan bahwa variabel Kemudahan (X1) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y), sehingga hipotesis pertama dapat diterima. Temuan ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Amalia & Hastriana, 2022) yang juga menyimpulkan bahwa kemudahan berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin mudah aplikasi BSI Mobile digunakan dan dioperasikan, semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk menggunakannya serta merasakan manfaatnya.

b.   Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial Keamanan (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y), yang artinya hipotesis kedua ditolak. Hasil tersebut juga serupa dengan penelitian Nurdin et al., (2020) dan (Primayanti et al., 2023) yang menyatakan bahwa keamanan tidak berdampak signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna layanan perbankan mobile. Banyak pelanggan lebih mengutamakan akses cepat daripada prosedur keamanan yang dianggap rumit karena kompleksitas sistem keamanan BSI Mobile, terutama proses verifikasi, kerap dianggap menghambat kenyamanan dan tidak sejalan dengan harapan kemudahan layanan digital.

c.   Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Kenyamanan (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y), sehingga hipotesis ketiga dapat diterima. Temuan ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Erina (2021) yang menyatakan bahwa kenyamanan dalam penggunaan mobile banking berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan nasabah. Kemudahan akses tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang atau mesin ATm.


Kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenyamanan dan Kemudahan penggunaan BSI Mobile meningkatkan Kepuasan Nasabah, sementara faktor keamanan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun, ketiga faktor tersebut secara keseluruhan berdampak besar pada kepuasan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pengguna BSI Mobile, perbaikan pada aspek kemudahan dan kenyamanan serta keamanan harus terus dilakukan.

Daftar Pustka

Amalia, P. dan Hastriana, A. Z. 2022. Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1, 70–89.

Lubis, A. P., Ramadhani, S., & Inayah, N. 2023. Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Dan Kenyamanan  Mobile Banking Syariah Terhadap Customer Intention (Minat Nasabah) Dengan Lifestyle Sebagai  Variabel Moderating. Surplus : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2, 14–30

Erina, N. 2021. Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Junaedi, E., dan Neneng, N. 2023. Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 2(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338

Khasanah, N. 2022. Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Umum Syariah.

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., dan Jalil, A. 2020. Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104

Primayanti, S. D. 2023. Pengaruh Kualitas, Kemudahan, Manfaat, Risiko Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Nasabah Aparatur Sipil Negara Di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta).

Siswoyo, A., dan Irianto, B. S. 2023. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Witono, B. dan Finannafi'ah, K. 2022. Pengaruh Kemudahan, Risiko, Manfaat Dan Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking. 10(1), 172–182.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment