- Studi Kasus Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan (Bagian IV-Habis)
- Strategi Pengeloaan Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Bagian IV-Habis)
- Strategi Pengeloaan Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Bagian III)
- Studi Kasus Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan (Bagian III)
- Strategi Pengeloaan Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Bagian II)
- Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian III-Habis)
- Studi Kasus Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan (Bagian II)
- Pemerintah Libatkan Pengusaha dan Filantroper Percepat Penyaluran Bansos
- Strategi Pengeloaan Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Bagian I)
- Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian II)
Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian III-Habis)
Sumber: https://ejournal.gunadarma.ac.id

Keterangan Gambar : Foto: Dok. Olivia Fitrianih
Penulis: 1) Olivia Fitrianih (Universitas Gunadarma), 2) Maulana Syarif Hidayatullah (Universitas Gunadarma)
Baca Lainnya :
- Studi Kasus Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan (Bagian II)0
- Strategi Pengeloaan Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Bagian I)0
- Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian II)0
- Studi Kasus Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan (Bagian I)0
- Digital Experience dalam Perbankan Syariah (Bagian I)0
B. Uji F (Uji Simultan)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenyamanan dan Kemudahan penggunaan BSI Mobile meningkatkan Kepuasan Nasabah, sementara faktor keamanan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun, ketiga faktor tersebut secara keseluruhan berdampak besar pada kepuasan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pengguna BSI Mobile, perbaikan pada aspek kemudahan dan kenyamanan serta keamanan harus terus dilakukan.
ANOVAa |
||||||
Model |
Sum of Squares |
df |
Mean Square |
F |
Sig. |
|
1 |
Regression |
400.912 |
3 |
133.637 |
89.595 |
.000b |
Residual |
180.480 |
121 |
1.492 |
|
|
|
Total |
581.392 |
124 |
|
|
|
|
a. Dependent Variabel: Kepuasan Nasabah |
||||||
b. Predictors: (Constant), Kemudahan, Keamanan, Kenyamanan |
Sumber: Hasil output SPSS
25
5. Uji Koefisien Determinasi (R2)
Tabel Hasil Uji Koefisien
Determinasi (R2)
Model Summaryb |
||||
Model |
R |
R Square |
Adjusted
R Square |
Std. Error
of the |
Estimate |
||||
1 |
.830a |
.690 |
.682 |
1.221 |
a. Predictors: (Constant), Kemudahan, Keamanan, Kenyamanan |
||||
b. Dependent Variabel: Kepuasan Nasabah |
Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, maka dapat dirumuskan dalam model persamaan regresi linear berganda sebagai berikut:
Y = 0,103+0,328X1-0,49X2+0,332X3+e
Interpretasi dari model regresi linier
berganda ini adalah
sebagai berikut:
a.
Nilai konstanta (α) sebesar 0,103
dengan tanda positif menunjukkan adanya hubungan searah antara variabel
independen dan variabel dependen. Artinya, apabila variabel independen, yaitu
Kemudahan (X1), Keamanan (X2), dan Kenyamanan (X3), tidak mengalami perubahan
atau bernilai nol, maka rata-rata nilai Kepuasan Nasabah (Y) adalah sebesar
0,103.
b. Koefisien regresi variabel
Kemudahan (X1) sebesar
0,328, berarti bahwa
setiap peningkatan satu satuan dalam variabel Kemudahan akan
meningkatkan Kepuasan Nasabah sebesar 0,328, dengan asumsi variabel independen
lainnya tetap.
c. Koefisien regresi variabel
Keamanan (X2) sebesar
-0,049, menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dalam
variabel Keamanan akan menyebabkan penurunan Kepuasan Nasabah sebesar -0,049,
dengan asumsi variabel independen lainnya tetap.
d. Koefisien regresi
variabel Kenyamanan (X3) sebesar 0,332, berarti bahwa jika variabel
Kenyamanan meningkat satu satuan, maka Kepuasan Nasabah akan meningkat sebesar
0,332, dengan asumsi variabel independen lainnya tetap.
Pembahasan
a. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel Kemudahan (X1)
secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan
Nasabah (Y), sehingga hipotesis pertama dapat diterima. Temuan ini sejalan
dengan penelitian yang dilakukan oleh (Amalia & Hastriana, 2022) yang juga
menyimpulkan bahwa kemudahan berkontribusi secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin mudah aplikasi BSI Mobile digunakan dan dioperasikan, semakin banyak pelanggan yang
tertarik untuk menggunakannya serta merasakan manfaatnya.
b. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukkan bahwa
secara parsial Keamanan (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan
terhadap Kepuasan Nasabah (Y), yang artinya hipotesis kedua ditolak. Hasil
tersebut juga serupa dengan
penelitian Nurdin et al.,
(2020) dan (Primayanti et al., 2023) yang menyatakan bahwa keamanan tidak berdampak
signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna
layanan perbankan mobile. Banyak
pelanggan lebih mengutamakan
akses cepat daripada prosedur keamanan yang dianggap rumit karena kompleksitas
sistem keamanan BSI Mobile, terutama
proses verifikasi, kerap dianggap menghambat kenyamanan dan tidak sejalan
dengan harapan kemudahan layanan digital.
c. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Kenyamanan (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y), sehingga hipotesis ketiga dapat diterima. Temuan ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Erina (2021) yang menyatakan bahwa kenyamanan dalam penggunaan mobile banking berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan nasabah. Kemudahan akses tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang atau mesin ATm.
Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenyamanan dan Kemudahan penggunaan BSI Mobile meningkatkan Kepuasan Nasabah, sementara faktor keamanan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun, ketiga faktor tersebut secara keseluruhan berdampak besar pada kepuasan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pengguna BSI Mobile, perbaikan pada aspek kemudahan dan kenyamanan serta keamanan harus terus dilakukan.
Daftar Pustka
Amalia, P. dan Hastriana, A. Z. 2022. Pengaruh
Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking terhadap Kepuasan
Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP
Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1, 70–89.
Lubis, A. P., Ramadhani, S., & Inayah, N. 2023.
Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Dan Kenyamanan
Mobile Banking Syariah Terhadap Customer Intention (Minat
Nasabah) Dengan Lifestyle Sebagai
Variabel Moderating. Surplus : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2,
14–30
Erina, N. 2021. Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan,
Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Pharmacognosy
Magazine, 75(17), 399–405.
Junaedi, E., dan Neneng, N. 2023. Pengaruh Persepsi
Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile
Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic
Banking & Economic Law Studies, 2(1), 13–32.
https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338
Khasanah, N. 2022. Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan Dan
Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank
Umum Syariah.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., dan Jalil,
A. 2020. Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi
Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan
Keuangan Syariah, 2(1), 87–104.
https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104
Primayanti, S. D. 2023. Pengaruh Kualitas, Kemudahan,
Manfaat, Risiko Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Layanan Mobile
Banking Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Nasabah Aparatur Sipil Negara
Di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta).
Siswoyo, A., dan Irianto, B. S. 2023. Analisis Technology
Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner,
7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D.
Witono, B. dan Finannafi'ah, K. 2022. Pengaruh
Kemudahan, Risiko, Manfaat Dan Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile
Banking. 10(1), 172–182.
